Kamis, 09 Juni 2011

Confessions (Jepang 2010)

Berdasarkan novel laris karya Kanae Minato, Confessions mengisahkan mengenai kepedihan hati seorang guru, Yuko Moriguchi (Takako Matsu), atas kematian putri tunggalnya. Oleh pihak kepolisian, kematian sang putri dinyatakan adalah akibat dari sebuah kecelakaan. Namun, dalam pengakuan yang ia buat di hadapan para murid-muridnya, ia mengatakan bahwa anaknya meninggal bukan karena kecelakaan, melainkan dibunuh oleh dua orang siswa yang juga sedang berada di kelas tersebut. Yuko tidak menyebut secara spesifik siapa kedua orang tersebut, dan sama  sekali tidak berniat untuk mengajukan mereka kepada pihak yang berwajib. Namun, sebagai seorang guru yang merasa wajib untuk menghukum setiap muridnya yang melangggar aturan, Yuko telah merancang hukuman tersendiri bagi dua orang tersebut. Hukuman yang dibuat agar kedua orang tersebut mampu lebih mendalami apa arti hidup sebenarnya… sekaligus menjadi awal rentetan tragedi yang terjadi di sepanjang cerita film ini.

Sesuai judulnya, pengakuan Yuko Moriguchi kemudian diikuti berbagai pengakuan dari karakter-karakter lain yang memiliki keterikatan dengan kematian putri Yuko, baik langsung maupun tidak langsung. Pengakuan-pengakuan ini berbeda satu sama lain, namun memiliki sudut pandang yang sama: berisikan rasa dendam dan keinginan yang tak dapat dipenuhi atas pengakuan dari orang lain atas keberadaan dirinya. Adalah mudah untuk menilai mana karakter antagonis dan mana karakter protagonis jika penonton baru mendengar satu pengakuan saja. Namun, dengan menyajikan deretan pengakuan dari setiap karakternya, Confessions terlihat berusaha untuk mengaburkan atau malah menghilangkan sama sekali definisi tersebut di dalam penceritaannya.

*Penilaian subjektif : memperlihatkan kepada kita bagaimana kondisi lingkungan mampu mengubah kita atau mengangkat sisi keji kita sebagai manusia. perhatian dan kasih sayang yang tidak jarang dianggap hal sepele justru menjadi penentu bagaimana orang sekitar kita menjalani hidupnya.
Poin 7/10

Sutradara : Tetsuya Nakashima 
Penulis : Kanae Minato (based on the novel by), Tetsuya Nakashima (screenplay)


Lihat juga :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar