Kamis, 09 Juni 2011

The Other Boleyn Girl (2008)

Anne Boleyn (Natalie Portman) and Mary Boleyn (Scarlett Johansson) adalah 2 bersaudara yang berasal dari keluarga biasa. Sir Thomas Boleyn (Mark Rylance) ayah kedua gadis itu menginginkan kehidupan yang lebih layak. Dengan dibantu Duke of Norfolk (David Morrissey) adiknya, Sir Thomas Boleyn kemudian mengatur siasat agar salah satu dari Boleyn bersaudara dapat menjadi keluarga istana.
Anne dan Mary kemudian berusaha mengambil hati Raja Henry VII (Eric Bana). Mary yang semula ragu-ragu dan tidak tertarik dengan rencana ayah dan pamannya malah berhasil menjadi selir sang raja. Dari Mary raja Henry VIII mendapatkan 2 orang anak. Lama kelamaan, Mary akhirnya mencintai sang raja setulus hatinya walaupun ia hanya seorang selir saja.
Sebaliknya Anne yang gagal merebut hati sang raja mulai menyusun strategi untuk menggeser Mary saudaranya. Anne bukan cuma ingin menjadi selir sang raja. Ia ingin menjadi ratu Inggris menggeser posisi istri resmi Henry VIII.
Film ber-setting kerajaan Inggris abad 16 ini disadur dari novel karya penulis Inggris Philippa Gregory dengan judul yang sama. Walaupun film ini sudah mulai masa produksi di akhir tahun 2006, namun baru awal 2008 film ini diedarkan oleh Columbia Pictures.
Meski film ini dibuat berdasarkan kisah nyata yang terjadi di Inggris pada abad keenam belas namun tak seluruh kisah yang digambarkan di sini adalah kisah nyata. Malah bisa dibilang bahwa film ini lebih menyorot sisi pribadi dari ketiga tokoh utama ketimbang pada sisi historisnya.
http://www.kapanlagi.com/film/internasional/the-other-boleyn-girl-perebutan-cinta-dan-tahta.html

*Penilaian subjektif : Entah mau mengomentari dari sisi apanya, sy juga bingung karena bukan praktisi film. tapi yg jelas film ini dengan setiap aspek teknis dan non teknisnya sudah bersinergi menjadi suatu tontonan yang menarik. Konon katanya Versi novelnya lebih baik dibanding versi layar lebar.
Poin 8/10

Pemain : Natalie Portman, Scarlett Johansson dan Eric Bana
Sutradara : Justin Chadwick
Penulis : Peter Morgan (screenplay), Philippa Gregory (novel)
Trailer : The Other Boleyn Girl (official trailer)  

Lihat juga :
- Assault Girls (Jepang 2009)
- The Sunset Limited (TV 2011)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar