Kamis, 27 Januari 2011

Fasilitas Rehab Medik Fisioterapi di Makassar

STUPA IV


Peran rehabilitasi medik dalam sistem pelayanan kesehatan menjadi penting untuk memenuhi tuntutan masyarakat terhadap jasa pelayanan kesehatan yang komprehensif. Tujuannya tidak hanya agar pasien menjadi sembuh dan hidup, tetapi juga perbaikan kualitas hidup. Indikator keberhasilan pelayanan kesehatan sesuai dengan tuntutan masyarakat adalah tercapainya kemampuan fungsional dan kualitas hidup.

Menurut dokter bagian rehabilitasi medik RSUP Fatmawati Jakarta, dr Peni Kusumastuti SpRM, rehabilitasi medik adalah proses yang membantu seseorang untuk mencapai kondisi fisik, psikologis, sosial, vokasional, avokasional dan edukasional secara optimal.

Di era seperti sekarang ini, dalam dunia kesehatan orang akan selalu berbicara masalah ”spesialisasi”, entah itu yang berkaitan langsung dengan bidang keilmuan medis itu sendiri seperti spesialis kulit, jantung, saraf, genekolog dll ataupun fasilitas-fasilitas medis  yang akan mendukung kegiatan medis tersebut, klinik misalnya. Rumah sakit sebagai wadah bagi orang yang membutuhkan tindakan medis termasuk diantaranya pelayanan rehabilitasi medis memiliki image yang  kurang baik dalam ingatan kita, birokrasi administratif yang panjang, kondisi interior dengan nuansa yang kaku dirasa perlu untuk dijadikan bahan pertimbangan. 
    
Dari uraian diatas, dapat dilihat bahwa disamping diperlukan adanya prasarana kesehatan dan pelayanan medis antara lain meliputi kegiatan pemeriksaan dan pengobatan, konsultasi kesehatan, diagnosa dan tindak lanjut pengobatan, juga diperlukan adanya fasilitas rehabilitasi medik dalam bentuk klinik yang berdiri sendiri yang akan memenuhi kebutuhan masyarakat akan fasilitas rehab medik baik itu yang sifatnya promotif dan preventif maupun yang sifatnya kuratif dan rehabilitatif yang kemudian disebut sebagai ”FASILITAS REHAB MEDIK FISIOTERAPI di MAKASSAR” guna memenuhi kebutuhan masyarakat akan fasilitas rehabilitas medik dalam hal ini Fisioterapi yang lebih lengkap dengan pelayanan prima.

 Skema Fungsi dan pelaku kegiatan

K O N S E P
 

 

 










Fas. R E H A B  M E D I K  F I S I O T E R A P I





P O S T E R

Tidak ada komentar:

Posting Komentar