Senin, 24 Januari 2011

Pusat Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut

 PPKGM (Pusat Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut)

Hari ini tuk kesekian kalinya ke PPKGM (Pusat Pelayanan Kesehatan Gigi dan Mulut) Lagi untuk perawatan gigi, sampai Dokternya sudah kenal betul "perasaan nih Gigi pernah ku kerja" katanya. Empat keluhan yg tertera di surat rujukan mengharuskan aku bolak-balik kurang lebih sampai 13 kali, sementara cuma bisa rutin balik ke Makassar (sekarang lg tugas kerja di Pare-pare.red) akhir pekan tO' -jadi harus mutar otak gimana caranya cari alasan bisa bertahan selama mungkin di Makassar.

Salah satu keluhan yg parah adalah lubang Gigi urutan 27 -entah 27nya mulai dari mana- gigi geraham bagian kiri bawah, tambalan sebelumnya terkikis sampai hampir habis setelah gigi 26nya di cabut sebulan yg lalu. waktu diperiksa pertama kali dokternya nuduh kalo ini pasti sebelumnya ditambal oleh Tukang Gigi makanya nambalnya tdk benar "tidak ada Dokter gigi begini cara kerjanya" katanya membela sesama profesi, padahal kan itu di tambal di klinik praktek Dokter gigi dekat rumah sekian tahun yg lalu. tapi malas membantah lantaran khawatir dokternya jengkel trus Gigiku yg jd pelampiasan ^ ^.

Kasus yg lain, Lubang di Gigi 25. hampir sama dengan Gigi 27 yg ketahuan ada lubang setelah 26nya dicabut.

Gigi di posisi kanan atas punya cerita yg tak kalah seru, sebenarnya sudah pernah ditambal baru sebulan yg lalu cuma karena iseng ngorek pake tusuk gigi setelah makan karena sy pikir sisa makanan jadi tambalannya terlepas dan mesti ditutup lagi sebelum lubangnya tambah parah.

Yang terakhir sebenanrnya lebih bersifat Kosmetik atau memperbaiki penampilan dan bukan perawatan. ada satu gigi di bagian depan yg bandel dan tongos sendiri, sebabnya juga tdk tahu apa -Lupa- yg jelas bukan sejak lahir. diagnosa Dokter setelah melihat dari tampilannya yg berubah warna kemungkinan Giginya sudah mati, penyebabnya pernah jatuh atau terbentur. penangannya juga lumayan lama, mesti bolak-balik sampai 5 kali.

Bakalan masih lama berurusan dengan Dokter Gigi.
Harus atur jadwal baik-baik..., biar lancar dan cepat selesai.

      
Kartu Kontrol yg mesti di bawa kalau mau periksa

Loket Administrasi 
 Setelah di catat di loket, masih harus ke ruang periksa dulu.

 baru boleh ke ruang penambalan yg ada di lantai atas.
 
R.Penambalan dan Perawatan Gigi (Conservatie and Endodontic) yg bersebelahan dengan ruang VIP

Untuk kasus tertentu harus di Foto Rondgen dulu, Ruang di sebelah kiri belakang adalah Kamar gelap tempat cuci fotonya


 Suasana Ngantri di R.Tunggu. duduk manis sambil pasang kuping baik-baik menunggu namanya di panggil.

Lihat juga :
- Kisah Peminjam
- Intimidasi Rupiah
- Kartu ATM ku

1 komentar:

  1. Assalamu alaikum. maaf, mau tanya, kita pakai rujukan dari RSUD, BPJS atau umum? biayanya berapa? makasih seblumnya

    BalasHapus